Tips Menjaga Reputasi Bisnis Toko Online Efektif

Menjaga reputasi bisnis toko online sangatlah penting jika anda telah memutuskan melakukan pemasaran produk-produk anda atau produk dari suplier anda secara online melalui toko online. Bagi pembeli, kepercayaan sangatlah penting dalam transaksi bisnis model ini. Sebab, produk yang dipasarkan di toko online tidaklah sama dengan model penjulan di toko biasa. Jika di toko biasa (konvesional) pembeli dapat melihat dan mencoba produk secara langsung, namun di toko online, pembeli hanya dapat melihat gambar produk bersama dengan penjelasannya. Untuk itu, apapun produk yang dipasarkan di toko online, menjaga reputasi bisnis toko online amatlah penting.

Maraknya kasus penipuan dan ketidak sesuaian antara produk pada gambar dengan produk yang diterima oleh pembeli di toko online tentunya menjadi momok buruk bagi toko online-toko online baru yang melihat prospek bisnis toko online cukup efektif. Namun demikian, anda tidak perlu terlalu shock dengan kasus ini. Selama anda positif ingin menghasilkan uang dan ingin melakukannya dengan baik untuk meningkatkan bisnis anda, maka anda sebaiknya mengaplikasikan 7 trik menjaga reputasi bisnis toko online yang efektif dibawah.

Tips Menjaga Reputasi Bisnis Toko Online Efektif, 7 cara menjaga reputasi toko online, kiat menjaga reputasi toko online

7 Cara Menjaga Reputasi Toko Online

Pebisnis yang melihat prospek bisnis toko online di indenesia dan ingin meningkatkan pemasaran melalui cara online. Menjaga reputasi toko online merupakan segalanya yang harus anda ketahui. Mari kita bahas point-point penting dalam menjaga reputasi bisnis toko online.

  1. Buatlah toko online profesional.
    Toko online yang profesional dengan sejumlah fiturnya tentunya akan menambah kepercayaan pembeli. Pilihlah theme yang mendukung dengan produk yang anda pasarkan. Saat ini, platform yang cocok untuk toko online adalah wordpress. Wordpress memiliki banyak plug in yang bisa dimanfaatkan dan dapat mempermudah anda dalam mengorganizingnya.

    Ada banyak theme gratis dan berbabayar yang dapat anda pilih sesuai kebutuhan dan badget anda. Pilihlah thema yang ringan dan available dengan bisnis anda sehinga akan memudahkan pembeli untuk mengaksesnya. Selanjutanya tinggal beli domain dan hosting agar bisnis anda terlihat lebih profesional.
  2. Sediakan informasi yang dibutuhkan pembeli
    Berbeda dengan toko konvesional, toko online hanya terdapat gambar-gambar produk. Untuk itu, sediakan informasi sedetail mungkin yang dibutuhkan pembeli. Misalnya, seperti bahan produk, warna, ukuran, harga dan informasi lainnya.

    Informasi produk seperti diatas akan membantu pembeli dan memudahkan anda dalam melakukan pemasaran. Semakin detail informasi yang anda berikan, akan semakin mudah dalam melakukan pemasaran.
  3. Perkuat kepercayaan dengan ruas Testimoni
    Testimoni adalah daya tarik untuk calon pembeli berikutnya. Dorong pembeli anda untuk berkenan memberikan testimoni secara suka rela pada toko online anda. Hal ini akan memberi kepercayaan bagi pelanggan berikutnya untuk berbelanja di toko online anda.

    Semakin banyak testimoni yang diberikan pelanggan anda, maka semakin bagus reputasi toko online anda. Jika perlu, beri beberapa gambar testimoni yang diberikan pelanggan setia anda.
  4. Sediakan kontak yang mudah dihubungi pembeli
    Pembeli biasanya selalu akan berkonsultasi saat membeli sebuah produk. Untuk mengcover semua kebutuhan mereka, maka sediakanlah kontak yang bisa dihubungi seperti nomor telphone, bbm, email, akun facebook dan lain sebagainya.

    Semakin mudah fasilitas kontak yang anda sediakan, akan semakin memperkuat kepercayaan pembeli untuk berbelanja di toko online anda.
  5. Tunjukkan Care pada pembeli
    Menujukkan kepedulian anda melalui layanan dan respon yang baik untuk calon pelanggan tentunya akan memperkuat kepercayaan pembeli di toko online anda. Menujukkan rasa peduli untuk calon pelanggan tentunya menjadi point yang wajib diperlihatkan jika anda ingin meningkatkan bisnis toko online.

    Point ini merupakan point penting yang harus diaplikasikan dalam setiap bisnis tentunya. Apalagi berbicara tentang persoalan credibelitas dan reputasi bisnis semacam toko online. Anda pastinya harus menujukan bahwa anda berbisnis di toko online dan bukan berbisnis melalui blog.
  6. Menerima Return produk yang rusak.
    Barang rusak dapat saja terjadi saat proses pengiriman. Toko online yang baik adalah toko online yang memberi kelonggaran bagi pembeli jika kondisi ini terjadi.

    Agar terlihat profesional, maka tunjukkan pada pembeli bagaimana anda akan melayani pengembalian (return) produk-produk yang rusak saat pengiriman. Kompensasi seperti ini akan membuat pelanggan senang berbelanja di toko online anda, yang secara tidak langsung akan meningkatkan reputasi toko online anda.
  7. Tanggapi setiap persoalan pelanggan dengan positif
    Namanya pembeli ada banyak dan modelnya banyak juga. Ada yang nanyak aja, tapi tidak jadi beli he he... Anyway, apapun jenis komunikasi tentang produk dan hal-hal lain, sebagai penjual anda tetap harus menyikapi dengan tenang.

    Sikap yang positif dalam memberi pemahaman kepada pembeli akan memperlihatkan anda lebih profesional dalam bidang yg anda tekuni. Sebaliknya, tanggapan negatif dalam menyikapi persoalan akan menjadi black iklan untuk bisnis toko online anda. So, tanggapi setiap komunikasi negatif tentang bisnis anda dengan hal yg postif.
Demikina ringkasian tentang tips menjaga reputasi bisnis toko online efektif, semoga menjadi tambahan informasi untuk anda yang melihat jenis bisnis ini cukup prospetif. Ini adalah bahagian dari cara yang penting yang Kuci Jampu sajikan untuk anda.

Anda tentunya dapat melakukan tambahan-tambahan dari point diatas untuk memperlancar bisnis anda dan membuat reputasi bisnis toko online anda semakin baik. Terimakasih



Suka artikel ini ? Bagikan ke :

Google+

Plus One
0 komentar
Tips Menjaga Reputasi Bisnis Toko Online Efektif