Kiat Sederhana Membuat Bisnis Plan Untuk Bisnis Anda

Membuat bisnis plan (perencanaan bisnis) merupakan proses pemetaan bisnis dari ujung ke ujung. Bila anda ingin membangun sebuah bisnis pribadi, membuat bisnis plan juga harus menjadi item yang diinclude kedalam bisnis anda.

Membuat bisnis plan tidaklah sesulit yang dibayangkan, namun tidak juga semudah mencoret-coret kertas. Dibutuhkan kajian dan ketelitian dalam mengukur sisi penting yang menujang dan membuat perkembangan bisnis berjalan baik. Ada banyak pebisnis yang berencana mengembangkan bisnis yang besar, namun kandas ditengah jalan. Hal ini disebabkan karena pebisnis tersebut tidak memiliki bisnis plan yang baik.

Kiat Membuat Bisnis Plan, Tips Memebuat Bisnis Plan, Cara Membuat Bisnis Plan, Perencanaan Bisnis
Bisnis plan tidak hanya dibuat untuk bisnis-bisnis besar. Bisnis sampingan, atau bisnis kecil-kecilan juga membutuhkan bisnis plan yang baik. Tujuannya adalah untuk mengetahui, mengapa bisnis yang anda rencanakan cocok untuk dikembangkan serta menjaga anda agar tetap fokus dan tidak tergelincir dari rencana bisnis yang sudah anda rencanakan hingga mencapai tujuan bisnis yang sudah ditetapkan. Dengan kata lain, bisnis plan merupakan penujuk arah menuju tujuan bisnis yang diharapkan.
"Business Plan is direction towards business goal."
Kuci Jampu


Langkah-Langkah Membuat Bisnis Plan

Jika kita hendak pergi ke pasar A dengan menggunakan sepeda motor. Maka kita harus melewati 3 tikungan dan 3 jalan terjal. Untuk bisa sampai dipasar dengan selamat, maka kita harus mengurangi kecepatan pada ke 3 tikungan dan 3 jalan terjal tersebut. Sederhananya, membuat bisnis plan bisa diilustrasikan dari tujuan diatas. Untuk menyelamatkan bisnis anda, maka anda membutuhkan bisnis plan sebagai direction dalam menjalankan bisnis anda nantinya.

Langkah-langkah penting dari membuat sebuah bisnis plan antara lain:

  1. Tentukan Bisnis.
    Menentukan jenis bisnis bisa didasarkan pada ide, impian, atau visi misi yang ingin diwujudkan. Menentukan bisnis juga dapat dilakukan karena hobbi atau latar belakang anda. Bagi ibu rumah tangga, silahkan melihat kembali 15 jenis bisnis rumahan sebagai tambahan informasi.

    Menentukan bisnis juga harus diikuti oleh minat. Hal ini diperlukan untuk memproteksi semangat bisnis anda agar tetap pada visi bisnis yang sudah anda tulis atau rencanakan.
  2. Tujuan Bisnis (Business Goal).
    Hal terpenting dalam sebuah bisnis plan adalah tujuan bisnis atau business goal. Tulislah semua rencana pencapaian yang ingin dicapai dari bisnis yang anda kembangkan nantinya.
  3. Rencana Pemasaran (Marketing).
    Untuk mencapai tujuan bisnis, langkah berikutnya yang perlu ditulisakan dalam sebuah bisnis plan adalah strategi pemasaran. Uraikan secara rinci langkah-langkah rencana pemasaran yang akan anda lakukan untuk mencapai tujuan pemasaran. Langkah pemasaran dapat berupa stategi periklanan atau promosi lainnya yang menunjang bisnis anda.
  4. Permintaan Pasar (Demand).
    Dalam sebuah bisnis plan. Sebaiknya anda memberi ruas untuk permintaan pasar. Item ini diperlukan untuk menganalisi pasar, competitor, dan hal-hal lainnya. Dengan demikian, kedepan tentunya akan memberikan ide-ide baru untuk anda dalam mengembangkan bisnis lebih baik.
  5. Pasar (Market).
    Informasi pasar tentunya sangat dibutuhkan bagi seorang pebisnis. Kolom pasar dalam sebuah bisnis plan dapat berisi informasi tentang apakah bisnis yang ingin dikembangkan memiliki pasar atau tidak, atau apakah produk permintaan sedang menurun atau sedang booming dan lain-lain sebagai analysis. Dengan demikian anda akan dapat memutuskan apakah bisnis yang anda rencanakan cocok untuk dikembangkan atau tidak.
  6. Target Pasar (Costumer).
    Target pasar dalam bisnis plan merupakan pokok penting yang tidak boleh dilupakan. Langkah ini dibutuhkan untuk memberi informasi secara spesifik Siapa, Dimana, dan Mengapa mereka para pelanggan anda harus membeli produk anda. Poin ini akan membantu poin-poin sebelumnya dalam penyempurnaan rencana bisnis anda.
Dalam sebuah bisnis plan, setiap poin umumnya saling berkaitan dengan yang lainnya. Poin diatas merupakan bagian dari sebuah rencana bisnis atau bisnis plan sederhana. Anda dapat menambahkan atau menghilangkan bagian tidak penting untuk bisnis Anda. Artikel ini hanya memberikan pokok-pokok dasar secara umum dalam mengembangkan bisnis. Untuk lebih spesifiknya, anda dapat berkonsultasi dengan Business Coach atau orang-orang yang berpengalaman tentang bisnis yang mudah anda hubungi.

Anyway, perencanaan bisnis atau bisnis plan merupakan bagian dari upaya memajukan sebuah bisnis. Hasil dari perencanaan bisnis yang kita harapkan semua bergantung pada Zat yang Maha Merencana yaitu Allah SWT. Hal terpenting dalam membangun sebuah bisnis adalah ikhtiar atau usaha yang maksimal.

Semoga Kiat Sederhana Membuat Bisnis Plan Untuk Bisnis ini dapat menjadi tambahan informasi untuk mereka yang sedang mencari tahu tentang kiat membuat bisnis plan. Termiakasih



Suka artikel ini ? Bagikan ke :

Google+

Plus One
0 komentar
Kiat Sederhana Membuat Bisnis Plan Untuk Bisnis Anda