Ini Dia 15 Jenis Bisnis Yang Cocok Dikembangkan Di Rumah

Home business (bisnis yang dikembangkan di rumah) identik dengan bisnis yang umumnya dilakukan oleh ibu rumah tangga. Dengan kata lain, bisnis rumahan adalah kategori bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga meskipun tidak sedikit dari kaum pria yang juga melakukan bisnis di rumah. Namun demikian, secara spesifik, beberapa jenis dalam tulisan ini kebanyakan adalah jenis bisnis yang dilakukan oleh ibu rumah tangga. Jadi untuk mempersingkat pembukaan, Kuci Jampu mencoba memperlihatkan uraian ini dalam judul 15 Jenis Bisnis Yang Cocok Dikembangkan di Rumah.

Setelah berbagi tips bisnis untuk ibu rumah tangga, tulisan ini tentunya akan memperluas ide-ide jenis bisnis yang cocok dilakukan di rumah khususnya bagi ibu rumah tangga yang sedang merencanakan mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan rumah sebagai stationnya.

Ini Dia 15 Jenis Bisnis Yang Cocok Dikembangkan Di Rumah, Ide Bisnis rumahan, Bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga
Berbicara tentang jenis bisnis yang cocok dikembangkan dirumah. Sebenarnya ada puluhan bahkan ratusan jenis bisnis yang bisa dikembangkan dengan menggunakan rumah sebagai tempat bisnisnya. Bahkan, hampir semua bisnis bisa dilakukan dengan memanfaatkan rumah sebagai stationnya. Hal ini sama seperti kebanyakan orang menggunakan tempat bisnis sebagai tempat tinggal mereka. Namun, situasi ini tentunya memiliki kekurangan dan kelibihan tersendiri. Beberapa kekurangan memanfaatkan rumah sebagai tempat bisnis ialah; rumah akan mengurangi extensi dan fungsi rumah sebagai tempat beristirahat dan bercengkraman dengan keluarga. Kelebihannya anda dapat menghasilkan uang dari rumah.

Namun demikian, ada beberapa jenis bisnis yang cocok dikembangkan dirumah yang tentunya tidak mengurangi fungsi rumah sebagai tempat peristirahatan dll. Beberapa jenis bisnis yang cocok dilakukan dengan memanfaatkan rumah antara lain sebagai berikut:


15 Ide Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

15 jenis bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga baik sebagai bisnis utama maupun maupun bisnis sampingan untuk ibu rumah tangga adalah sebagai berikut:

  1. Membuat Kue.
    Ibu rumah tangga yang memiliki keahlian atau hobbi membuat kue bisa memanfaatkan keahlian atau hobbinya ini untuk menghasilkan uang dengan cara membuat kue dan tentunya dengan memanfaatkan rumah sebagai tempat bisnis mereka. Bisnis kecilan ini banyak dilakukan oleh mereka ibu rumah tangga sebagai bisnis sampingan. Lalu mereka memasarkan kue meraka ke warung-warung dan ada juga yang hanya menerima pemesanan (Catering).

    Untuk Anda yang memiliki keahlian atau hobbi membuat kue, jenis bisnis ini cocok untuk anda coba dirumah.
  2. Menjahit Pakaian.
    Bisnis menjahit pakaian dirumah juga banyak dilakukan oleh ibu rumah tangga yang memiliki keahlian dalam menjahit. Bisnis ini memang tidak selalu normal, namun pada waktu tertentu seperti lebaran dan hari-hari besar lainnya, bisnis menjahit pakaian ini bisa menghasilkan puluhan juta rupiah. Jika anda memiliki ketrampilan dalam menjahit pakaian, maka ide bisnis ini cocok untuk dicoba di rumah.
  3. Jasa Tatarias Pengantin.
    Bisnis jasa tatarias pengantin di rumah memang tidak banyak dilakukan oleh ibu rumah tangga. Selain membutuhkan modal yang sedikit lebih besar, bisnis ini membutuhkan ruang khusus untuk penyimpanan alat-alat pengantin. Anyway, jika anda memiliki modal dan memungkinkan untuk melakukan bisnis ini dirumah, maka tidak salahnya mencoba bisnis yang tidak kalah prospektif ini.
  4. Jasa Titipan Anak.
    Bisnis jasa penitipan anak mulai populer sekitar tahun 2004. Banyaknya ibu-ibu rumah tangga yang berkarir, membuat bisnis ini sangat maju dan cukup prospektif sampai dengan saat ini. Namun demikian, memperhatikan pasar dan lingkungan sekitar cukup penting untuk pengembangan bisnis ini.
  5. Dagangan Kios/ Mini Grousir.
    Jenis bisnis dagangan kios kecil-kecilan merupakan bisnis rumahan yang umum kita lihat dilingkungan kita. Dengan modal kecil dan memanfaatkan bagian depan rumah sebagai tempat bisnis, maka bisnis ini siap dijalankan. Jenis bisnis ini tidak membutuhkan ketrampilan atau keahlian khusus dalam menjalankannya. Hanya saja, anda hanya membutuhkan management yang baik dalam mengatur keuangan dan anda dapat memintak nasehat suami dalam menjalankannya.
  6. Reseller Pakaian.
    Bisnis reseller pakaian adalah jenis bisnis yang juga dapat dilakukan dirumah. Jenis bisnis ini lebih mudah dari bisnis menjahit pakaian. Artinya, anda tidak membutuhkan keahlian atau ketrampilan khusus dalam mendesain atau menjahit pakaian. Dengan bermodalkan katalog dan modal kecil untuk membeli pakaian sebagai sample panjangan. Bisnis ini siap dijalankan. Untuk bisnis reseller, anda tentunya perlu memikirkan strategi pemasaran berupa target pasar, produk yang dipasarkan, sistem pelayanan atau pemasar dan hal-hal lain yang menunjang bisnis anda.
  7. Reseller Kosmetik.
    Ide bisnis reseller kosmetik adalah jenis bisnis yang mirip dengan bisnis reseller pakaian. Perbedaannya adalah reseller kosmetik tidak membutuhkan ruas yang besar untuk menyimpan produk-produk kosmetik. Bisnis kosmetik adalah jenis bisnis yang cukup prospetif dan sangat menguntungkan.
  8. Rumah Kecantikan (salon).
    Ada banyak ibu rumah tangga yang juga memanfaatkan ruas rumah untuk menjalankan bisnis rumah kecantikan. Sebagian dari mereka ada yang mengkombinasikan jenis bisnis ini dengan bisnis tatarias pengantin. Kombinasi kedua bisnis ini pastinya akan membuat dua keuntungan dalam satu ruas. Namun membutuhkan modal yang sedikit lebih besar untuk pembelian perlengkapannya.
  9. Jualan Pulsa Elektrik.
    Bisnis jualan pulsa dirumah merupakan bisnis yang dapat digabungakan dengan bisnis dagangan kios. Namun tidak sedikit ibu rumah tangga yang hanya menjalankan bisnis pulsa elektrik saja dengan alasan modal dan lebih simple. Mengingat pulsa elektrik sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat. Bisnis jualan pulsa elektrik merupakan jenis bisnis yang cukup prospektif dan bisa dilakukan dirumah.
  10. Jasa Cuci Pakaian (Laudry).
    Bisnis laudry atau jasa pencucian pakaian merupakan jenis bisnis yang juga dapat dilakukan dirumah. Bisnis ini membutuhkan ruas yang lumayan besar untuk tempat menyeterika pakaian, pengeringan dan lain-lain. Jenis bisnis ini membutuhkan modal yang lumayan besar pada awal dan sangat cocok dikembangkan didaerah perkotaan atau dekat dengan perkotaan.
  11. Jasa Catering.
    Didaerah perkotaan atau dekat dengan perumahan yang dihuni oleh kebanyakan pekerja atau pelajar/ mahasiswa, bisnis catering biasanya sangat manjur dan prospektif. Jika lokasi rumah anda dekat dengan tempat perumahan pelajar atau pekerja, bisnis cetering merupakan salah satu ide bisnis yang patut dipertimbangkan. Bisnis catering tentunya membutuhkan keahlian dalam memasak. Masakan yang enak tentu akan menjaga pelanggan anda untuk tetap mencintai masakan-masakan anda. Untuk membuat bisnis ini berkembang dengan baik, anda harus memperhatikan hal ini.
  12. Bisnis Kerajinan Tangan.
    Jenis bisnis kerajinan tangan merupakan jenis bisnis yang membutuhkan ketrampilan tangan yang baik. Bila anda memiliki ketrampilan yang baik seperti membuat anyaman, membuat boneka atau aksesories lainnya. Ide bisnis ini tentunya akan menyenangkan untuk dilakukan dirumah. Selain bisa menyalurkan hobbi atau ketrampilan anda, bisnis jenis ini sangat prospektif dan memiliki pasar yang besar.
  13. Ternak Ungas.
    Ide bisnis seperti ternak unggas bisa dilakukan dengan memanfaatkan area belakang rumah. Jenis bisnis ini cocok dikembangkan di daerah pedesaan. Jika anda tinggal di daerah pedesaan, ide bisnis ternak unggas cocok untuk dikembangkan. Namun demikian, untuk menjalankan bisnis ini, anda harus memperhatikan kebersihan kandang unggas untuk menghindari penyakit dan bau tak sedap yang berlebihan yang akan mengganggu tetangga anda.
  14. Bisnis Flower.
    Menanam bunga merupakan kesenangan bagi kebanyakan ibu rumah tangga. Jika anda adalah salah seorang yang amat senang dengan mengkoleksi jenis-jenis bunga. Maka ide bisnis flower bisa dijadikan salah satu bisnis yang bisa dikembangkan di rumah. Jenis bisnis ini cocok dilakukan didaerah perkotaan atau dekat dengan perkotaan. Namun bisnis ini membutuhkan area yang memadai. Bisnis flower adalah salah satu bisnis yang cukup prospektif.
  15. Bisnis Online.
    Bisnis online merupakan jenis bisnis yang tidak dibatasi oleh waktu dan ruang. Berbicara bisnis online sangatlah umum dan cukup luas serta beragam bentuknya. Penjelasan secara detail tentang jenis bisnis online ini akan Kuci Jampu uraikan pada tulisan berikutnya. So, pastikan anda tidak ketinggalan update kami dengan follow Twitter, Facebook atau Google plus kami.

    Dalam beberapa kasus, banyak dari ibu rumah tangga yang menggunakan sistem bisnis online untuk melakukan marketing secara online. Bagaimana mereka melakukannya? simak tips-tips bisnis pada update berikutnya.
Semoga ide bisnis dari pembahasan 15 jenis bisnis yang cocok dikembangkan di rumah ini dapat menjadi tambahan informasi untuk ibu rumah tangga yang sedang mencari ide atau ingin tahu jenis-jenis bisnis yang cocok dilakukan di rumah. Terimakasih



Suka artikel ini ? Bagikan ke :

Google+

Plus One
0 komentar
Ini Dia 15 Jenis Bisnis Yang Cocok Dikembangkan Di Rumah